GELAR PKM SMART VILLAGE DI DESA PARIT BARU, PRODI REKAYASA SISTEM KOMPUTER BERHARAP POTENSI DESA DI ERA 4.0 TERUS DIOPTIMALKAN
Oleh Admin | 13-Oct-2021 | Berita 546

GELAR PKM SMART VILLAGE DI DESA PARIT BARU, PRODI REKAYASA SISTEM KOMPUTER BERHARAP POTENSI DESA DI ERA 4.0 TERUS DIOPTIMALKAN

Pada tanggal 13 Oktober 2021, Program Studi Rekayasa Sistem Komputer (Prodi Resiskom) di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Parit Baru, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubur Raya. Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs., selaku Ketua Prodi Resiskom, berharap bahwa PKM tersebut dapat menjadi momen yang tepat untuk memanfaatkan potensi desa dengan teknologi informasi di Era Revolusi Industri 4.0.

Menurut Ikhwan, desa merupakan pusat peradaban yang memiliki banyak potensi, termasuk potensi alam, sumber daya manusia, dan finansial. Oleh karena itu, pihaknya menjalin kolaborasi dan sinergi dengan Desa Parit Baru untuk mengoptimalkan potensi tersebut, termasuk potensi pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, administrasi, perkantoran, dan kependudukan.

PKM tersebut mengusung tema "Pemanfaatan Teknologi Inovasi Akuaponik Berbasis Internet of Things dalam Menghadapi Isu Ketahanan Pangan di Desa Parit Baru". Ikhwan menjelaskan bahwa tujuan PKM selain untuk mengedukasi pentingnya inovasi teknologi juga untuk menjalin kolaborasi dan sinergi dalam mewujudkan Smart Village di era 4.0.

Ikhwan berharap bahwa melalui potensi yang ada di era 4.0 saat ini, kampus sebagai institusi pendidikan dapat membantu pengembangan desa agar dapat maju, lebih mandiri, dan meningkatkan perekonomian desa dan masyarakatnya. Menurutnya, berbagai kegiatan dapat dilakukan untuk merealisasikan peningkatan SDM dan perekonomian masyarakat desa, termasuk peningkatan skill dan kegiatan sertifikasi.

Ikhwan juga menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara desa-desa di Kalbar untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya serta meningkatkan pelayanan publik. Ia berpesan agar kolaborasi dan sinergi ini dapat terus dilaksanakan guna mendatangkan manfaat-manfaat positif untuk kemajuan desa.

PKM tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh, antara lain Dekan FMIPA Untan Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Drs. Cucu Suhery, M.A., Ketua Prodi Resiskom Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs., Ketua PKM Prodi Resiskom Uray Ristian, S.Kom., M.Kom., Kepala Desa Parit Baru Musa Abdul Hamid beserta perangkat desanya, ibu-ibu PKK, dan masyarakat setempat. Masyarakat setempat sangat antusias dengan PKM tersebut dan menyambut baik pesan yang disampaikan oleh para pemimpin acara, terutama mengenai ketahanan pangan dan perubahan teknologi.