KUNJUNGAN INDUSTRI
Oleh Admin | 10-Nov-2022 | Pengumuman 803

KUNJUNGAN INDUSTRI

Himpunan Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer (Himaster) Fmipa Untan dari berbagai angkatan mengadakan Kunjungan Instansi ke AirNav Indonesia Cabang Madya Pontianak, Rabu (20/12/2017).

Kegiatan ini diikuti oleh 39 mahasiswa/i dari dari berbagai angkatan dan beberapa dosen. Ketua Umum Himaster, Mohani, mengatakan bahwa agenda ini merupakan program kerja pertama Himaster untuk melakukan studi lapangan dan menambah pengetahuan mahasiswa/i Jurusan Sistem Komputer mengenai hal-hal aplikatif komputer yang ada pada sebuah instansi.

Di sana mereka disambut General Manager Air Nav Indonesia Madya Pontianak, Wasyudi Zufka, dan mendapatkan pengenalan mengenai Air Nav secara umum serta unit-unit yang ada di Air Nav.

“Dulunya masih bersama dengan PT. Angkasa Pura 2, tetapi dengan adanya Peraturan Pemerintah No. 77 Tahun 2012, akhirnya menjadi instansi pelayanan yang terpisah hingga sekarang. Ada 3 unit service pada Air Nav di sini, yaitu Approach Control Unit, Traffic Control Service (ATC), dan Gedung Tower," ujarnya.

Mahasiswa tampak mendengarkan dengan serius, kunjungan ini laiknya kuliah lapangan mahasiswa/i siskom, mahasiswa dapat mengetahui bagaimana implementasi komputerisasi, bagaimana teknologi yang ada di Air Nav, dan seperti apa navigasinya sehingga kunjungan ini bisa mengupdate pengetahuan mahasiswa/i terkait teknologi komputer yang ada saat ini.

Ketua Jurusan Sistem Komputer Dedi Triyanto, juga mendukung agenda ini.

“Saya sangat senang dan mengapresiasi sekali Himaster telah berinisiatif mengadakan kunjungan seperti ini dan semoga kedepannya nanti Himaster bisa berkolaborasi dengan jurusan. Kedepannya jurusan juga mempunyai rencana untuk mengadakan kuliah lapangan sehingga agenda yang seperti ini bisa kita padukan dan nantinya bisa didanai oleh Fakultas Mipa. Memang seharusnya agenda ini rutin diadakan oleh mahasiswa/i yang setidaknya minimal 1 kali 1 semester” katanya.

Satu diantara peserta kunjungan, Ikhwan Prayoga, mengatakan bahwa agenda kunjungan ini sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa Sistem Komputer terkait pengetahuan dan implementasi teknologi komputer.

“Kesannya sangat baik sekali, kita mendapat pengalaman, pengetahuan baru, kita tidak hanya belajar tentang programming di kelas saja, tetapi di sini juga mendapatakan program yang sudah diaplikasikan pada sistemnya. Tadi dijelaskan cara kerja dari komputerisasi dari navigasi dan sistem-sistemnya. Semoga kegiatan ini bisa terus diadakan, dan semoga tahun depan bisa diadakan di luar pulau” katanya.

Ikhwan berharap Himaster selalu jaya, lebih siap sedia kompak menghadapi setiap masalah yang datang. ”Selalulah berinovasi dan tingkatkan prestasi yang sudah ada, jaya selalu Himaster” katan Ikhwan, mahasiswa Jurusan Sistem Komputer angkatan 2014, yang merupakan ketua umum Himaster periode tahun lalu.

Diakhir kegiatan, Soni Batubara yang merupakan Junior Managaer K3 yang memandu kunjungan mengupas kembali tentang apa itu Air Nav, unit-unit yang ada, dan sekaligus menutup rangkaian agenda kunjungan Himaster.