PRAKTISI IOT CHRISTIANTO TJAHYADI ISI KULIAH UMUM JURUSAN REKAYASA SISTEM KOMPUTER FMIPA UNTAN
Oleh Admin | 12-Nov-2021 | Berita 440

PRAKTISI IOT CHRISTIANTO TJAHYADI ISI KULIAH UMUM JURUSAN REKAYASA SISTEM KOMPUTER FMIPA UNTAN

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) mengadakan kuliah umum dengan tema "Perkembangan Teknologi Internet of Things pada Era Revolusi Industri 4.0". Kuliah umum ini dipimpin oleh Ir. Christianto Tjahyadi, seorang praktisi Internet of Things (IoT) di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh 76 mahasiswa Resiskom dari berbagai angkatan, serta diadakan daring melalui Zoom Meeting dengan total peserta mencapai 200 orang.

Dalam sambutan pembukanya, Dekan FMIPA Untan, Dr. Gusrizal, M.Si menyampaikan apresiasi atas acara tersebut dan menyampaikan terima kasih kepada Ir. Christianto Tjahyadi yang menjadi narasumber. Menurutnya, materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan era sekarang. Lebih lanjut, ia berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan momen tersebut untuk memperluas pengetahuan mereka.

Tujuan dari kuliah umum ini adalah untuk meningkatkan wawasan mahasiswa, semangat kreasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menyongsong Industri 4.0, terutama dalam pengembangan Internet of Things. Ir. Christianto Tjahyadi menyampaikan paparan materi tentang Revolusi Industri 4.0 dan perkembangan IoT dari tahun ke tahun, serta berbagai contoh solusi inovatif seperti Smart Home, Smart City, dan Smart Agriculture yang dapat diciptakan melalui integrasi jaringan, perangkat, dan data.

Mahasiswa/i Resiskom yang mengikuti kuliah umum ini diharapkan dapat melakukan terobosan-terobosan di bidang teknologi, khususnya Internet of Things, untuk dapat menjawab tantangan yang ada di Industri. Acara tersebut dianggap bermanfaat oleh salah satu peserta, Reza, dan ia berharap agar ke depannya dapat terus diadakan kuliah umum serupa untuk memperluas wawasan mahasiswa.