WEBINAR SERIES ALUMNI JURUSAN REKAYASA SISTEM KOMPUTER FMIPA UNTAN
Oleh Admin | 27-Mar-2021 | Berita 546

WEBINAR SERIES ALUMNI JURUSAN REKAYASA SISTEM KOMPUTER FMIPA UNTAN

Jurusan Rekayasa Sistem Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura (FMIPA Untan) selenggarakan Webinar Alumni. Webinar kolaborasi antara Himpunan Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer (Himaster) FMIPA Untan dengan pihak jurusan ini diselenggarkan secara dari menggunakan Aplikasi Zoom Meeting dan disiarkan secara langsung lewat Channel Youtube FMIPA UNTAN, Sabtu (26/3/2021).

Mengawali sambutan pembukanya, Ketua Jurusan Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan, Ikhwan Ruslianto, S.Kom., M.Cs menyapa peserta yang telah hadir. Dosen tamatan Magister Ilmu Komputer Universitas Gajah Mada itu mengungkapkan bahwa tujuan diadakannya acara webinar ialah untuk mempertemukan dan menjadi wadah silahturahmi keluarga besar Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan serta menjadi wadah untuk sharing-sharing pengalaman alumni.

"Selamat datang di webinar series alumni Rekayasa Sistem Komputer. Ini merupakan webinar pertama yang bertujuan untuk mempertemukan dan menjadi wadah silahturahmi, wadah sharing-sharing dan wadah untuk kita semua saling mengenal antara alumni, mahasiswa dan dosen yang masih aktif," ungkapnya.

Kemudian, ia menambahkan bahwa dalam webinar series itu akan di undang almuni-alumni dari tiap angkatan. Mulai dari alumni 2008 hingga alumni terbaru yang baru saja menyelesaikan studinya di Jurusan Rekayasa Sistem Komputer.

"Insya Allah webinar series alumni ini akan kita adakan setiap bulan, mulai dari bulan maret sampai di penghujung tahun 2021. Kita akan mengundang alumni-alumni dari setiap angkatannya, mulai dari 2008 hingga yang terbaru," tambahnya.

Narasumber yang diundang dan hadir dalam Webinar Series satu merupakan alumni angkatan pertama Jurusan Rekayasa Sistem Komputer yang kini telah sukses dikarirnya. Mereka adalah Ardiansyah, S.Kom dan Menur Wahyu Pangestika S,Kom., M.Kom. Saat ini Ardiansyah bekerja menjadi staf Pengendalian, Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Kubu Raya. Sementara itu, Menur menjadi dosen Jurusan Informasi di Universitas Muhamadiyah Pontianak dan masih menyelesaikan studi S3 di Universitas Syah Alam Malaysia.

Sebelum mengutarakan materi dan cerita perkuliahannya di Jurusan Rekaysa Sistem Komputer FMIPA Untan, kedua narasumber menceritakan perjalanan karir mereka seusai menjadi Sarjana Komputer di jurusan yang berdiri 2008 itu.  Menur tamat pada tahun 2013, setelah tamat ia melanjutkan studi Magister S2 di Program Studi Sistem Informasi Universitas Diponegoro. Setelah lulus studi, ia mendapatkan tawaran pekerjaan sebagai dosen di Universitas Muhamadiyah Pontianak. 

Ardiansyah sempat menjadi Supervisor di Hypermart Singkawang. Kemudian ia juga sempat bekerja di PT. Indofood, menjadi konsultan IT di Pontianak, dan bekerja di Informa Furniture Pontianak. Passion pekerjaan yang dirasa cocok olehnya adalah bekerja menjadi guru Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Islam Cendikia Mempawah.

Saat menyampaikan pengalaman menempuh studi di Jurusan Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan, Menur menegaskan bahwa manajemen waktu penting untuk dilakukan selama berkuliah, karena tugas, kegiatan dan perkuliahan padat. Pengalaman yang paling berkesan menurutnya adalah tantangan saat hendak menyelesaikan tugas akhir, karena referensi yang dijadikan acuan penelitian belum ada dan perlu mencari referensi dari luar jurusan.

Tak lupa, Ardiansyah yang diamanahkan menjadi ketua angkatan pertama Jurusan Rekayasa Sistem Komputer itu juga berpesan, kreativitas mahasiswa dalam mencari referensi penelitian haruslah berkembang karena referensinya sudah ada banyak sekali saat ini. Lebih lanjutnya, ia juga berpesan agar rutinitas ngopi bersama teman-teman karena dapat menghambat penyelesaian tugas akhir.

"Kita harus mampu bertarung dengan rasa malas dan harus selalu ingat dengan tujuan awal mengapa kita kuliah," tambahnya.

Menyinggung pengalamannya berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan, Ardiansyah mengatakan bahwa organisasi juga menjadi bagian penting yang harus diikuti oleh mahasiswa. Menurut hematnya, organisasi adalah tempat yang tepat untuk menambah pengalaman dan relasi.

Webinar Series kedua akan dilaksanakan bulan depan, April 2021. Narasumber berikutnya yang akan menjadi Guest Star adalah alumni angkatan 2009 Jurusan Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Untan.

"Ini bukan akhir dari webinar series kita, bulan depan kita akan kembali mengadakan webinar dengan guest star alumni angkatan 2009. Insya Allah jurusan kita akan mengadakan webinar series alumni dan webinar series teknologi setiap bulannya nanti." tutup Ketua Jurusan Rekayasa Sistem Komputer.